Bimbingan Teknis Pemantapan Mutu Laboratorium Klinik Tahun 2016

Penilaian Pengguna: / 0
JelekBagus 

Tahun 2014, tahun dimulainya era Sistem Jaminan Sosial Nasional. Pada tahun ini Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  akan menjadi lini terdepan dalam menyelenggarakan kesehatan masyarakat. Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  sangat membutuhkan perangkat laboratorium dan sumber daya yang kompeten dalam menjalankan praktek laboratorium, guna menunjang diagnosis klinis yang akurat dan presisi tinggi.
Pada saat sekarang ini banyak Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  yang menggunakan alat-alat laboratorium yang otomatik dan canggih. Kelebihan dari alat tersebut adalah kemampuan melakukan pekerjaan yang sama dan berulang ulang tanpa banyak intervensi dari manusia. Namun disisi lain, praktek laboratorium yang salah serta kontrol yang kurang baik dan benar, mengakibatkan alat otomatik menghasilkan pemeriksaan yang cepat dan berulang tapi tidak dapat di jamin ke akuratan dan presisinya.

Salah satu cara untuk dapat memantapkan dan menjamin hasil yang dikeluarkan alat pemeriksaan laboratorium adalah dengan sistem Pemantapan Mutu Internal (PMI) dan Pemantapan Mutu Eksternal (PME). Pembimbingan tentang praktek laboratorium yang benar (Good Laboratory Practice) yang berkesinambungan ke petugas Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Terlebih lagi hampir Puskesmas tidak mempunyai Dokter Spesialis Patologi Klinik. Dan hanya sebagian kecil dari Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  yang mempunyai  Dokter Spesialis Patologi Klinik. PMI yang dilakukan dengan benar dan konsisten akan dapat menjamin kualitas hasil pemeriksaan laboratorium yang dihasilkan.

Pada tanggal 24 s.d 26 Agustus 2016 di Hotel Denpasar Bali di adakan Bimbingan Teknis Pemantapan Mutu Laboratorium Klinik untuk Laboratorium Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU  di unit kerja  Propinsi Bali. Adapun tujuan acara ini adalah:
1.Memberikan bimbingan dan pendampingan praktek PMI dan PME yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan, ke petugas  di Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU
2.Memberikan pengetahuan kepada petugas di Puskesmas, Laboratorium Kesehatan  Daerah dan  Laboratorium Klinik RSU ; cara interpretasi dan mengevaluasi PMI dengan menggunakan Westgard Rules dan evaluasi PME.

 

foto kegiatan dapat dilihat pada link dibawah ini:



Bagikan halaman ini ke situs sosial favorit Anda
Reddit! Del.icio.us! Mixx! Free and Open Source Software News Google! Live! Facebook! StumbleUpon! TwitThis Joomla Free PHP

Tulis komentar


Security code
Refresh